table of content          about         contact

freedom sefreedom-freedomnya

dulu sekali distro-distro linux dikenal sebagai os yang ramah terhadap komputer tua dengan memory kecil dan processor lambat, tentu juga hardisk kecil. namun seiring perkembangan hardware yang amat cepat dan harga yang lebih terjangkau distro jaman sekarang 80% lebih mementingkan desktop yang cantik meskipun boros resource, tapi sebenarnya nggak mesti begitu, karena filosofi linux yang freedom kita bebas mengkonfigurasi system kita.

ambil contoh beberapa distro aliran tertentu mengkonfigurasi systemnya sesuai alirannya, katakanlah aliran underground semacam backbox, backtrack, lipose, hm security dkk yang sangat tampil beda. beda lagi yang aliran cloud semacam jolios (formerly jolicloud), netconverger, hexeh dkk, selain itu masih ada pula aliran server, aliran kantoran, aliran multimedia, aliran edukasi dll dst (eh ada juga linux aliran sesat loh).

pada percobaan hari ini saya membuat system buat komputer super jadul dengan memory 256mb tapi pengen desktop cantik, gimana akalnya ?

ide dasarnya saya menggunakan docky sebagai perangkat utama desktop, untuk tidak membuat berat system tentu saja saya tidak menyertakan panel apapun, bahkan saya tidak menginstall desktop environment maupun window manager pada system ini, jadi di atas xwindow saya paksa docky, tentu saja harus kita sertakan library yang dibutuhkan.

dock1 saya set sebagai panel intellihide dengan thema transparent biar cantiknya lebih menonjol, launcher ke beberapa aplikasi saya set mati tanpa menyertakan fasilitas bawaan docky kecuali session manager dan jam.

di atasnya saya install beberapa aplikasi modern kelas berat seperti gimp 2.6.11, libreoffice 3.4, chromium-browser 12, google-chrome 13, opera 11.51, bahkan skype 2.2 dan firefox 6.0.2, hasilnya semua berjalan dengan baik.

bahkan pada pengujian lanjut saya mengurangi memory jadi 128mb dan system masih berjalan bagus asal menjalankan aplikasi secara bijak, karena tentu saja jika dijalankan firefox+opera+libreoffice+dll+dst secara bersamaan memory tidak akan mencukupi. tapi pada system 256mb semua normal meski dijalankan berbareng. oia sebagai catatan bahwa dalam system ini saya tidak memberikan partisi swap.

nah, anda ingin system anda seperti apa ?
dengan basis linux anda bisa menentukan sendiri !