table of content          about         contact

menguasai linux itu mudah ?

benarkah ?

sesungguhnyalah bagiku linux itu sama seperti semua operating system, sangat tidak mudah, entahlah, aku tentu saja nggak pernah tahu apa yang ada dalam pikiran orang yang 'bisa' ngomong gitu.

linux, seperti juga hurd, aix, minix, bahkan dos dan win semuanya sangatlah njelimet, ada device, socket, protocol, drivers+modules, filesystem, manajemen memory, processes, hmmm bisakah (entah siapa dia) yang bilang 'menguasai linux itu mudah' menjelaskan bagaimana linux (dan juga lain-lainnya tersebut, toh goalnya sama) pada suatu 'saat' melakukan penanganan terhadap suatu berkas ?

seandainya benar-benar bisa, hmmm rasanya penjelasannya tuh memakan paling sedikit belasan halaman, bagaimana sekedar satu 'penanganan' itu masih meliputi banyak hal tersembunyi didalamnya, sebut satu saja, --misalnya system file-- sudah memerlukan penjelasan panjang lebar, dan untuk bisa menjelaskan panjang lebar kira-kira berapa banyak yang harus dia baca, berapa pula dia harus luangkan waktu-tenaga-fikiran ?

seandainya kalimatnya diganti dengan 'memenuhi kebutuhan komputasiku dengan linux sangat dimudahkan' aku sih setuju saja ...

dan aku rasa
  • perlu dibiasakan googling dulu sebelum berbicara (dan termasuk juga bertanya) secara bodoh
  • pengguna linux rata-rata suka berbagi, tapi tentu saja nggak suka direpotkan dengan pertanyaan : 'ada yang pernah pake untumu nggak ?' atau 'ada yang bunting nggak ?'