table of content          about         contact

tracking

apt-get update
apt-get upgrade
apt-get install

beberapa mantera yang mendarah daging para pengguna linux sekte debian, jika anda pengguna mint, crunchbang, ubuntu dkk pasti nggak asing dengan ritual menggunakan mantera-mantera tersebut. pengguna linux sekte lain (rpm based, slack based, portage based, arch based) juga memiliki mantera-mantera yang meskipun bunyinya berbeda tapi goalnya sama saja.

dalam dunia mistik magic penggunaan mantera-mantera haruslah bijak, nggak boleh sembarangan dipake, salah cara ato salah sasaran bisa berakibat fatal.

dalam dunia linuxpun sama saja, install aplikasi yang nggak berguna hanya akan menjadi sampah, upgrade aplikasi yang nggak kompatibel bisa menyebabkan system crash dan bagi pengguna pemula mungkin kesulitan untuk memperbaiki sehingga mengambil jalan pintas bunuh diri eh install ulang ding ….

jangan dianggap saya sedang membual, cobalah lihat kasus seperti ini, entah di dunia nyata ato di forum-forum amatlah sering terjadi, sama seringnya dengan pengguna windows kena virus (bisa jadi lebih sering malah)

terus apa yang harus kita lakukan ?
itulah pertanyaan yang baik,

  1. yang harus kita lakukan tentu saja pilih-pilih betul kalo mau install aplikasi, baca dulu dokumentasinya, biasanya di blog ato website pembuatnya tentu memiliki catatan-catatan yang perlu kita baca, terutama bacalah bagian known bug dan requirement dan juga cara mengatasinya, setidaknya ini akan mengeliminasi kerusakan system.

  2. buat catatan pribadi, semacam log book, tulis kapan kita menginstall, downloadnya dari mana, versinya berapa, berdasarkan apa yang kita baca (lihat point 1) kita catat pula kemungkinan-kemungkinan kerusakan ato ketidakstabilan system. catatan ini bisa kita simpan di buku notes ato di simpan dalam file di ubuntuone agar bisa dibaca dimanapun.

  3. jika dalam hal ini kita bukan install baru tetapi sedang upgrade kita tambahkan pula versi sebelum upgrade.

  4. jika after install/upgrade ternyata berhasil dan kita temukan hal-hal baru (mungkin fasilitas baru ato interface lebih cantik ato bahkan pengurangan fasilitas di dalam aplikasi) kita bisa mempublish di blog ato di forum-forum, mungkin akan berguna bagi orang lain.

  5. jika yang terjadi adalah sebaliknya kita coba untuk memperbaiki sendiri, catatan kita (poin 2 berdasarkan poin 1) pasti bermanfaat, berhasil ? publish !!!

  6. jika ternyata gagal berdasarkan poin 2 kita cari solusinya, google adalah sahabat baik, dia akan membantu sebisanya, forum-forum juga banyak bisa kita ikuti, bolehlah kita pelajari bersama …



catatan ini hanya buat pemula, bagi tingkat mahir tentu akan menggunakan versioning system yang secara otomatis mencatat setiap bit perubahan, usernya, waktunya, juga termasuk catatan-catatan release, bug dan lain-lain, meskipun begitu sebenarnya tujuannya sama, yakni mempermudah tracking.