table of content          about         contact

wvdial, dialer primitip yang powerfull

kebanyakan distro modern sudah tidak menyertakan wvdial dalam paket standarnya, itu artinya wvdial dianggap sudah ketinggalan jaman, sebagai gantinya disertakan network manager dengan alasan lebih modis berbasis gui. meskipun sebenarnya wvdial juga memiliki beberapa gui namun kenyataanya tetap aja wvdial dipinggirkan.

wvdial sebenarnya sangat stabil, asal provider langgganan kita nggak down rasanya nggak bakalan disconnect deh, sering kali komputerku online beberapa minggu tanpa shutdown maupun restart, dan selalu online tuh, pake network manager mana bisa begitu ?

selain provider masalah perangkat modemnya sendiri juga menentukan disconnect nggaknya, kebetulan modemku jenis yang amat bandel, nggak panas berlebihan meski load tinggi (dalam sehari hampir pasti lebih 500mb, bahkan terkadang bisa 2-3gb). jika anda beruntung memiliki modem kayak gini ya baguslah, jika nggak cobalah membelikan pendingin modem, nggak terlalu mahal kok (kecuali jika anda memilih pendingin yang dilengkapi antenna/booster yang memang harganya cukup lumayan).

komputer dipake beberapa orang ? dengan wvdial nggak ada masalah, jalankan modem dari tty2 ato tty3 (ato lainnya) dengan menekan tombol [ctrl]+[alt]+f2 sesudah login ketik sudo wvdial
cara lain edit rc.local
sudo nano /etc/rc.local
di atas tulisan exit 0
tambahkan wvdial &
ini akan mengeksekusi wvdial secara otomatis pada saat booting, sesudah masuk desktop (gnome/kde/lxde/xfce/dll) misalnya harus logout karena mau dipake yang lain nggak ada masalah, koneksi tetep nyambung kok, pake network manager mana bisa...