table of content          about         contact

desktop database

libreoffice, openoffice dan msoffice


secara umum ketiga office suite sama bagus, sama punya kekurangan, khususnya libreoffice dengan openoffice yang memang bahannya sama hanya berbeda sedikit di lisensi saja, meskipun demikian untuk penggunaan jangka panjang agaknya libreoffice lebih menjanjikan, kekurangannya adalah dengan latar java menyebabkan kedua office suite ini terasa kurang gesit, terutama pada penggunaan addons (disebut extension pada kedua office suite ini). msoffice adalah barang mahal, tapi secara umum dunia mengakui msoffice adalah office suite yang bagus, selain masalah harganya yang mahal kekurangannya juga mesti ada loh, setidaknya keanehan-keanehan yang terjadi di ms.excel sudah merupakan rahasia umum.

libreoffice base, openoffice base dan ms.access


back end mereka cukup kuat, mendukung dialek sql, mendukung berbagai remote database pula, query yang sama bagus.
front end mereka sama memiliki form designer, tapi justru di sisi ini terjadi perbedaan yang sangat menyolok, di bawah nanti bisa kita lihat perbedaannya.
aku mencoba membuat sebuah aplikasi sederhana dengan libreoffice base (aku anggap cukup mewakili openoffice pula) dan ms.access. aplikasi ini meliputi gudang, kasir dan beberapa report.
tahap pertama adalah pembuatan database dengan tabel-tabel:
  1. barang
  2. jenis barang
  3. satuan
  4. harga
  5. rak
  6. gudang
  7. pemasok
  8. pelanggan
  9. user
  10. cabang

meskipun sekedar buat percobaan aku berusaha membuat semirip mungkin dengan aplikasi sebenarnya yang dijual dan digunakan di dunia nyata, dengan menggunakan libreoffice base maupun ms.access pekerjaan ini sama-sama dapat diselesaikan dalam waktu sehari.
tahap ke dua adalah pembuatan form-form :
  1. login
  2. kasir (dengan subform jenis barang dan pelanggan)
  3. gudang (dengan subform jenis barang, rak, gudang dan pemasok)
  4. barang (dengan subform jenis barang, satuan, harga, rak, gudang, pemasok)

pekerjaan tahap ke dua ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok, dengan menggunakan libreoffice base bisa diselesaikan dalam waktu seminggu, sedangkan menggunakan ms.access dapat diselesaikan dalam waktu separonya.
tahap ke tiga adalah membuat report :
  1. stok barang
  2. pembelian (harian, bulanan, spesifik)
  3. penjualan (harian, bulanan, spesifik)
  4. pemasok
  5. pelanggan
  6. receipt

tahap ke tiga justru kebalikan dari tahap ke dua, dengan libreoffice base diselesaikan dalam dua hari, ms.access membutuhkan waktu dua kali lipat.
setelah ke tiga tahap dapat diselesaikan bisa dibilang aplikasi versi alpha bisa diuji coba, untuk siap pakai atau siap jual tentu saja masih dibutuhkan berbagai perbaikan yang tentu saja butuh waktu. namun cukup untuk sekedar mendapatkan gambaran kinerja libreoffice base dan ms.access, saat keduanya running terasa aplikasi berbasis ms.access masih lebih gesit. walaupun memang ada kemungkinan kesalahan besar-kecil di dalam pembuatan, namun saya berusaha sewajarnya saja dan tidak sedang meneliti secara detail.
dari sisi waktu pengembangan juga ms.access masih lebih cepat (mengunakan ms.access 1+3+4=8 hari, libreoffice base 1+7+2=10 hari), memang ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi, setidaknya dulu saya beberapa kali mendevelop aplikasi dengan menggunakan ms.access, sedangkan libreoffice base benar-benar baru pertama kali mencoba. silakan kamu-kamu coba, mungkin kecepatan develop kita akan berbeda, anggap saja aku lagi egois hahahahaaa...
kenapa saya tertarik mencoba desktop database ? entah apa pendapat orang lain, tapi menurutku sih sebenarnya aplikasi berbasis desktop database sangat layak dikembangkan, terutama dari sisi kecepatan pengembangan dan portabilitas. sayang sekali developer libreoffice (dan juga openoffice) agaknya menganak tirikan libreoffice base, sebaliknya ms.access merupakan produk microsoft yang terbaik.


kesimpulan :
libreoffice base layak dicoba, ms.access layak dipakai (sayangnya nggak layak dibeli)