table of content          about         contact

karakter pengguna linux

karakter manusia kalau diperhatikan cukup menarik, karakter itu sendiri terbentuk dari karakter dasar manusianya, tetapi juga terpengaruh oleh waktu, lingkungan dan latar pendidikan masing masing.
khusus membicarakan karakter pengguna linux aku melihat ada beberapa macam banyaknya, diantaranya:
  • karakter pengguna murni, pemilik karakter ini menggunakan linux ala kadarnya, sebatas pada pekerjaan yang dia tangani dan penggunaan linux sehari-hari semacam aplikasi pemutar audio atau movie. penguasaannya cukup bagus, meskipun terbatas pada level gui dan seputar aplikasi-aplikasi yang mereka gunakan. mesin yang digunakan biasanya cukup bagus juga meskipun tidak yang paling mahal.
  • karakter aktifis, dia setiap ada kesempatan melakukan demo keahliannya dalam menggunakan linux, meskipun pemilik karakter ini keahliannya masih terbatas tapi setiap kali bisa dengan cepat mencari link dengan bantuan google dan kemudian menuliskannya dalam blog setelah diterjemahkan dengan bantuan translator, lalu bersikap seolah-olah benar-benar telah menguasainya. dia juga sebagai aktifis tentu saja dengan segala cara mencari pendukung sebanyak-banyaknya. mesin yang dimiliki biasanya mesin-mesin baru yang mahal.
  • karakter advance, dia memiliki penguasaan linux yang luar biasa, bagian-bagian meliputi coding, compile, debug adalah kegiatan rutin, pengguna jenis ini biasanya tidak mengggunakan versi terbaru, tapi memilih versi paling stabil pada setiap unsur untuk membangun linuxnya, tetapi mereka juga mendownload source versi-versi terbaru serta mempelajarinya dan mungkin mempatch beberapa bagian, sebagian besar dari mereka di golongan ini menggunakan distro slack, debian dan gentoo, selebihnya menggunakan platform lfs. mesin yang dimiliki golongan ini sangat bermacam-macam, tapi tapi kebanyakan justru mesin biasa saja yang tidak aneh-aneh dan juga tidak mahal, tapi entah kenapa mereka ini justru nggak banyak menonjolkan keahliannya.
  • karakter selebritis, dia cukup lama menggunakan linux, biasanya pada masa lalu berkarakter aktifis, setelah berjalan lama menjadi sangat terkenal, karena waktu penggunaan yang lama tentu saja mereka sangat paham tentang linux dan jeroannya, mesin yang dimiliki super mahal dan lengkap, biasanya memiliki lab pribadi yang lengkap dengan beberapa distro terpasang di server dan workstation serta komputer jinjing yang dia miliki.
  • karakter sok pengguna, mereka biasanya menggunakan dual booting atau lebih, sering juga bersuara seolah-olah pengguna fanatik distro tertentu, tapi karena ketidak mampuannya mereka lebih sering menggunakan windows dalam penggunaan sehari-hari, sedangkan linuxnya paling banter sebatas install lalu utak-utik desktop dan ganti wallpaper, biasanya mereka pandai juga dalam menggunakan photoshop dan corel draw, tapi jika ditanya mereka akan bilang diolah dengan gimp atau inkscape, mesin yang dimiliki biasanya cukup bagus baik jenis dekstop maupun laptop.

nah, disamping karakter major di atas tentu saja ada pula sub-sub karakter yang merupakan varian-varian minor. termasuk karakter yang manakah kita ?
eh sebenarnya kita ini pengguna linux atau sekedar sok pengguna sih ?