table of content          about         contact

facebook privacy

ada grafis yang jelas di situs new york times menunjukkan bagaimana pernyataan privasi facebook telah mendapat lebih banyak lubang yang berkembang dalam kebijakan privasi. pemetaan ini tidak sempurna: deklarasi facebook untuk privasi harus memiliki ukuran hampir tak terbatas, karena jumlah default dari privasi facebook sekarang menawarkan hampir nol. dulu ketika situs pertama dimulai, sangat sedikit orang bisa bergabung, dan tidak ada yang menjadi publik. perlahan-lahan semua orang dapat bergabung dan semuanya publik untuk hampir semua informasi dari mereka kecuali anda membuat usaha bertekad untuk menyembunyikannya. upaya ini harus diperbarui setiap enam bulan atau lebih ketika facebook merevisi kebijakan privasi untuk membuatnya lebih buram dan kurang efektif. ada animasi sangat jelas dari proses pada situs ini.

jika anda memutuskan menganggap itu tidak layak, facebook ternyata sangat sulit untuk ditinggalkan. hal ini terlihat sangat mudah untuk "menonaktifkan" account anda, tetapi juga hampir tidak ada artinya. tidak ada yang dihapus oleh penonaktifan. jika anda kembali setahun kemudian, akun anda masih ada, dengan password yang sama, teman-teman yang sama dan semua data yang sama.

sulit untuk melebih-lebihkan berapa banyak pengguna facebook mengatakan perusahaan memberatkan hidupnya. saya baru saja punya teman (dalam kehidupan nyata) memperhatikan saya dengan teliti. dia bukan teman baik di facebook, dan terlihat cukup hati-hati tentang privasi. meskipun demikian, hal itu segera jelas apa kepentingannya, dan masing-masing memiliki sebagian besar jaringan sosial di mana dia terdaftar. sepuluh tahun yang lalu, ketika pemerintah inggris mengusulkan untuk membuat data lalu lintas yang tersedia untuk berbagai lembaga di bawah peraturan uu kekuasaan investigasi, ada protes dari libertarian sipil. poin mereka adalah bahwa anda tidak perlu tahu apa yang dikatakan orang satu sama lain ketika mereka berbicara. dan sekarang facebook membuat informasi ini tersedia secara bebas untuk hampir semua orang.

hal ini mungkin tampak seperti cara yang buruk untuk memperlakukan pelanggan, namun seluruh titik tentang facebook adalah bahwa pengguna tidak sama dengan pelanggan, pengguna facebook tidak sama dengan pelanggan facebook. siapapun yang mengira bahwa pengguna facebook adalah pelanggan telah mendapat model bisnis yang justru mundur. pengguna tidak perlu membayar apapun, karena memang tidak berlangganan suatu produk. para pelanggan sejati adalah pengiklan, kepada mereka facebook menjual informasi pengguna, sadar atau tidak.

google, yang mengumpulkan informasi lebih sedikit dalam hal penggunanya, jauh lebih teliti tentang menggunakan informasi yang dimasukkan. google juga membuat lebih mudah untuk menghapus jejak anda dari sistem. tidak ada yang setara dashboard google di facebook, yang hanya menampilkan semua informasi yang telah anda buat publik di situs google, permainan dan aplikasi tersedia di sana adalah bagian penting dari proses ini. hampir semua perangkat untuk memanen informasi tentang pemain dan menggunakan apa yang telah mereka temukan untuk menjual informasi orang lain pada daftar kontak mereka.

bagaimana bisa semua atau semua ini dihentikan? model bisnis facebook tidak akan mudah berubah. model bisnis seluruhnya tergantung pada penjualan privasi kepada pengiklan. jika jijik maka publik dapat memaksa berhenti, namun akan mulai lagi dalam waktu enam bulan '. ini tidak harus benar-benar mengherankan.

apa yang harus dilakukan? jenis infrastruktur komputasi yang diperlukan untuk menjalankan layanan global seperti facebook tidak murah, dan seseorang telah membayar untuk itu. mungkin layanan yang lebih etis tentang privasi dari facebook sedang menetas di garasi di suatu tempat sekarang. ini tentu mungkin, seperti contoh yang telah ditunjukkan google.

tapi masalah mendasar tetap ada. selama uang bisa ditemukan, orang-orang yang telah membuat uang dari chatting tanpa tujuan telah menjadi tuan tanah, apakah mereka menjual bir, kopi, laptop atau space di web. anda mungkin berpikir bahwa teman anda di facebook peduli dengan apa yang anda lakukan, yaitu untuk teman sejati anda, tapi yang imajiner jauh lebih meyakinkan.