table of content          about         contact

adobe-flash-properties-gtk

kebanyakan laptop/netbook buatan beberapa tahun terakhir ini dilengkapi dengan webcam sehingga untuk beberapa keperluan bisa digunakan secara darurat meskipun kualitas gambar tentu saja nggak bisa memenuhi keinginan.
beberapa situs web memberikan fasilitas gambar profil, beberapa di antaranya hanya mengijinkan upload gambar yang sudah ada di disk lokal, namun beberapa diantaranya memberi kemungkinan kita ganti gambar profil langsung dari webcam, bahkan ada juga yang memperbolehkan kita merekam video dari webcam, di antaranya adalah facebook, situs paling laris di indonesia.
namun sebelum 'boleh' mengambil gambar kita harus mengijinkan aplikasi adobe flash (tentu saja flash harus terinstall lebih dulu), misalnya dengan mengatur dari Website Privacy Settings panel, atur situs mana saja yang boleh mengakses camera (dan mic) di komputer kita.
jika kita menggunakan gnome (atau kde) bisa lebih mudah dengan memanfaatkan adobe-flash-properties-gtk (atau adobe-flash-properties-kde), edit dulu file /etc/apt/source.list (gunakan sudo nano atau sudo gedit atau apa aja deh asal bisa dipake ngedit) cari baris
deb http://archive.canonical.com/ubuntu maverick partner
(catatan : kata kunci "maverick" kita sesuaikan dengan versi yang kita pake, ganti aja misalnya dengan lucid jika menggunakan 10.4 atau natty jika menggunakan 11.4 atau oneiric jika pake 11.10)
jika ada tanda pagar (#) di depannya buang aja tanda pagarnya, jika baris ini nggak ada ya ketik aja sendiri dong, jangan lupa simpan ya ....
jalankan perintah
sudo apt-get update
sudo apt-get install adobe-flash-properties-gtk

atau jika menggunakan kde
sudo apt-get install adobe-flash-properties-kde
jika nggak ada masalah dari menu system >> preferences ada menu baru "adobe flash player" klik aja jangan ragu-ragu.
klik di tab camera and mic lalu klik di tombol "camera and mic settings by site ..."
window yang baru muncul klik tombol add, isikan website domain yang mau diatur (misalnya www.facebook.com) terus pilih permissionnya (misalnya allow) terus klik add dan close.
coba dari facebook "add photo / video" (di atas update status textbox tuh) terus pilih use webcam, nah seharusnya sudah bisa dipake kan ?