table of content          about         contact

distro yang dewasa

linux selalu berkembang, juga segala perangkat yang menyertainya, moment yang benar-benar dewasa adalah ketika satu rakitan (baca : distro) tersusun dari perangkat-perangkat yang masing-masing cukup matang, stabil dan berkemampuan serta berfitur cukup.

tahun 2012 ini aku berharap lahirnya rakitan yang dewasa, dan kans untuk itu agaknya cukup besar, aku perkirakan (berdasarkan jadwal release) pertengahan tahun ini akan banyak perangkat matang yang bisa dilahirkan, setidaknya xorg server yang merupakan perangkat inti distro modern (yang hampir wajib berbasis gui) akan menelorkan versi stabil 1.11, sebelum itu bash (4.2), cups (1.5.0),grub (1.99), inkscape (0.48), libgnome (2.32.1) dan nautilus (3.2.1) sudah matang sejak beberapa bulan lalu.

mungkin distro favorit kita tidak akan memilih versi-versi yang kita inginkan, atau bahkan mungkin nggak menyertakannya, tapi toh kita boleh memilih sendiri paket yang kita inginkan (dan sebaliknya adalah boleh meremove apa yang kita ngga suka, free gituloh), cara ini toh nggak terlalu sulit dilakukan.

mungkin justru karena itu aku selama ini nggak memilih distro yang jadi favorit kebanyakan orang, kalianpun boleh kok memilih distro nggak umum itu (!), silahkan saja melirik distro-distro derivative yang mengkustom distro induknya, perhatikan paket-paket pilihannya, jika cocok dengan selera bungkus aja ...

pilihan lain tentu saja dengan membikin distro derivative sendiri, tentukan segalanya sendiri, meskipun untuk itu kita dituntut mengorbankan waktu dan tenaga toh nggak rugi juga.

pilihan ekstrim adalah bikin sendiri dari awal, tapi nggak disarankan bagi pengguna biasa lhooo ...

sudahlah, mungkin paling baik - mudah - dan murah adalah : tunggu saja kuartal terakhir tahun ini, semoga harapan lahirnya distro yang benar-benar dewasa (matang/mature) benar-benar terwujud.