table of content          about         contact

stuff

ada banyak yang bertanya di form kontak yang aku sediakan, pertanyaannya kurang lebih "mengapa begitu banyak distro aneh-aneh yang diulas di blog ini" "apakah semua distro yang dibahas benar-benar sudah dicoba" dan semacamnya, yang dilengkapi dengan email beneran tentu aku bisa balas di email yang bersangkutan, namun anehnya sebagian besar justru nggak menyertakan email yang sebenarnya, hmmm mungkin takut spam ya ...
baiklah aku jawab saja di sini.
  1. blog ini adalah untuk kepentingan pribadi aku sendiri, jadi aku tulis sebenar-benarnya menurut pendapatku berdasarkan apa yang aku coba, aku rasa, aku tahu, dan rasanya aku belum tega untuk membohongi diri sendiri.
  2. aku memiliki beberapa teman penggiat linux di negeri itali, rusia, ukraina, hungaria, bulgaria, meksiko, brasil, inggris dan dari mereka aku selalu mendapat informasi karya-karya mereka atau karya bagus di negeri mereka, aku bikin skrip untuk otomatis mengunduh file yang mereka maksud, jadi meskipun aku sedang membaca buku thian liong pat poh namun proses download tetap berjalan di latar belakang, file sebesar 1-2 gb biasanya akan selesai terunduh dalam sehari saja.
  3. distro-distro terkenal tentu saja terunduh pula. referensi umum seperti distrowatch juga rajin menyebar issue, tak ketinggalan dari host opensource terbesar sf.net
  4. suatu distro yang dipandang aneh di suatu negeri mungkin suatu distro yang paling dikenal di suatu negeri yang lain, misalnya grusha dan usu yang di sana memiliki pengguna aktif begitu fanatik dan jumlah pengguna yang demikian besar, mungkin jauh lebih fanatik dan jauh lebih banyak dibandingkan pengguna blank0n di negeri sendiri (sebenarnya ada berapa puluh sih pengguna fanatik blank0n ?), namun pasti bagi orang kita dua distro tersebut termasuk kategori aneh, nah !
  5. nggak semua yang terunduh sempat aku coba, nggak semua yang aku coba sempat berhasil, nggak semua yang berhasil sempat aku posting di sini.
    kenapa nggak semua sempat aku coba ?
    ada beberapa alasan untuk nggakaku coba, diantaranya adalah jika distro berbentuk installer murni terus terang saja ada kemalasan, karena tentu saja harus menyinggung hardisk lokal, tentu lain dengan livecd/livedvd installer yang meskipun juga dilengkapi installer namun bisa dijalankan tanpa menyinggung hardisk lokal, alasan lain adalah jika sebelumnya pernah mencoba distro tersebut dan hasilnya terlalu mengecewakan biasanya juga nggak 'sempat' lagi, selain itu kalo lagi males ya nggak tak coba hahahaaa
  6. seingatku baru sekali membahas distro terkenal, aku merasa rugi kalo membicarakan sesuatu yang udah banyak dibicarakan masyarakat banyak, postingan itu pun sekedar ungkapan kejengkelanku saja.
  7. tidak ada dan nggak akan pernah ada posting berdasarkan pandangan ataupun permintaan orang lain, meskipun demikian materi yang dimuat dalam posting mungkin saja disarikan dari tulisan orang lain
  8. tidak semua tangkapan layar berdasarkan tangkapan layar di komputerku sendiri, karena sering juga ketika sedang ingat untuk menulis ternyata tangkapan layar tidak ada (biasanya karena lupa menekan tombol print, bukan karena malas), jika pada saat itu aku menemukan ilustrasi yang sesuai entah dari mana bisa saja aku embed dalam tulisanku.
  9. kecenderunganku pribadi adalah distro ringan, desktop kuat/stabil, aplikasi bawaan cukup lengkap, dan jika semua itu terpenuhi maka aku anggap istimewa jika terbukti versi-versi aplikasi yang stabil terdapat lebih 50%, dengan sendirinya aku menomor duakan masalah tingkat kesulitan, antarmuka bahasa default, locale, bahkan meskipun distro yang terlihat primitif sekalipun.
  10. bukan suatu publikasi (terus apa namanya dong).