table of content          about         contact

grup ayo belajar linux

sejujurnya aku nggak mendapatkan manfaat apapun dari grup ayo belajar linux, meskipun begitu jika ada waktu senggang tiap hari aku sempatkan waktu 15-30 menit untuk menjenguk grup ini, hampir tiap hari juga aku mengomentari beberapa thread yang ada, biasanya aku pilih yang threadnya belum panjang (thread yang pendek biasanya karena masalahnya nggak menarik atau karena masalahnya terlalu sulit, atau bisa juga karena threadnya baru diposting hahahaa....)
aku mengikuti grup ini waktu anggotanya belum mencapai 100, belum ribuan seperti sekarang. menurutku sih wajar grup ini berkembang pesat karena memang aktifitasnya cukup tinggi, sayangnya belakangan sering terjadi hal yang nggak menyenangkan (bagiku), dari beberapa orang yang kebetulan menjadi dev team distro lokal (padahal mungkin cuma ikut-ikutan jadi anggota team) yang banyak tingkah, admin yang memecat anggota secara semena-mena (bahkan ada juga admin yang memecat admin, beneran loh, padahal admin yang dipecat admin lama sejak grup ini masih bayi merah), ada juga yang berjualan kaos, promosi macam-macamlah (sampe blog pribadipun dipromosiin di grup ini, aneh kan ?)
prinsip orang memang berbeda-beda, aku nggak tahu apa yang ada dalam pikiran mereka, yang jelas aku punya prinsip :

  • sharing, berbagi itu bagus, tapi sebelum menshare harus yakin dulu tentang manfaat dari share, jangan sekali-sekali sharing yang berkesan pamer dengan membuka thread baru padahal sudah ada thred yang senada dan belum solved.
  • tanya, janganlah terlalu banyak tanya (selama mengikuti grup ini aku belum pernah bertanya sama sekali), cari dulu sendiri sumber masalahnya, meskipun nggak solved paling tidak kita mampu mendefinisikan "masalah yang sebenarnya kita hadapi", bukankah sangat menggelikan jika kita bertanya tapi sebenarnya kita nggak tahu masalah sebenarnya apa ? (ini sering sekali terjadi). jika benar-benar perlu bertanya ya bertanyalah sewajarnya saja.
  • cari, jika kita mampu mendefinisikan masalah maka mencari jawabannya akan lebih mudah, yakinlah masalah yang kita alami juga ada orang lain yang mengalaminya, dan dengan sendirinya salah satu "orang lain" tersebut mungkin dapat menemukan penyelesaian, dan mungkin juga akan mendokumentasikan entah di blog, forum, milis, grup, atau apalah, nah google yang baik hati akan membantu kita menemukannya.
  • mencoba, yang dilakukan orang lain dalam mengatasi masalah mungkin efektif pada system yang dimilikinya, tapi belum tentu akan efektif pada system yang kita miliki, banyak sekali faktor yang membuatnya berbeda, distro misalnya, juga hardware, tapi kita bisa mempelajari dan mencoba menyesuaikan untuk menemukan cara yang paling efektif untuk kita.
  • menjawab, seperti kita, orang lain juga memiliki masalahnya sendiri-sendiri, jawablah sewajarnya jika kita tahu masalahnya dan jalan keluarnya, nggak perlu memaksakan diri, gunakan bahasa yang sederhana saja karena orang lain belum tentu memahami bahasa yang terlalu teknis, jika masalahnya benar-benar perlu dibahas secara detail sebaiknya ditulis secara khusus, post di blog atau catatan pribadi yang dapat diakses publik, berikan linknya saja. dengan cara ini kita nggak perlu menimbulkan kesan sok pintar, toh terlihat pintar itu nggak berarti pintar.
  • promosi, di grup komunitas tertentu promosi web space atau semacamnya bisa ditolerir, tapi sebaiknya dilakukan dengan bijak, lebih baik lagi jangan dilakukan, kalau memang ingin promosi ya gunakan saja facebook ads, google ads atau semacamnya. layak juga jika menggunakan fasilitas kotak pesan facebook jika mau membuat penawaran langsung.
  • thanks, ucapkan terima kasih, jika solved katakan pula bahwa masalah sudah solved, jika sebelumnya ada beberapa solusi yang diberikan (mungkin ada beberapa orang dengan beberapa jawaban) sebutkan pula solusi yang mana yang bisa dipake, kenapa ? selain sebagai penghargaan kepada sahabat yang membantu kita juga sekaligus menjadi acuan bagi orang lain yang mengalami masalah "a" akan bisa diatasi dengan cara "x"

terserah aku dong deh !