table of content          about         contact

brightness



tombol fungsi maupun tombol multimedia pada komputer yang tidak standar pada beberapa kasus tidak dapat bekerja dengan baik, tapi dengan memetakan ulang biasanya akan dapat kembali digunakan sebagaimana mestinya.

masalahnya adalah jika fungsi dari tombol tersebut tidak dapat djalankan pada mesin tertentu maka meskipun keyboard sudah dapat dikenali dengan benar tentu tetap tidak dapat memenuhi keinginan kita.

masih bekutat dengan cedartrailku, semua tombol dapat dikenali dan terpetakan dengan benar, namun fungsi brightness tidak dapat bekerja, dengan terpaksa untuk membuat brightness sedang (tidak terlalu redup juga tidak terlalu cerah) harus menggunakan perintah sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=e0

value e0 hanyalah merupakan seleraku saja, bagi orang lain mungkin terlalu cerah atau sebaliknya, jadi sesuaikan saja sendiri.

perintah ini cukup sederhana, tapi jika dilakukan berulang-ulang tentu akan terasa menjemukan. karena itu bisa saja kita buat sebuah skrip (diindonesiakan dari kata script) untuk melakukan penyederhanaan, misalnya di mesinku aku buat tiga buah skrip bernama /usr/bin/cerah, /usr/bin/sedang, dan /usr/bin/redup. (lihat gambar di atas paragraf pertama)

ketiga skrip ini hanya berbeda value saja, asal ketiga skrip ini bisa dieksekusi dari terminal maka tingkat kecerahan akan segera sesuai dengan keinginan kita.

lebih lanjut bisa saja kita buatkan shortcut untuk mengeksekusi skrip ini, terserah saja shortcutnya seperti apa, tentu saja harus menyesuaikan diri dengan shortcut yang sudah digunakan secara umum, misalnya shortcut [control]+c tidak baik digunakan untuk memanggil skrip /usr/bin/cerah karena sudah digunakan untuk memanggil fungsi copy, jadi gunakan yang lain saja ya...

atau mudah juga memanggil dengan runner [alt]+[f2] atau dengan synapse atau mungkin jika perlu dipanggil pada saat boot bikin aja skrip desktop di folder /etc/xdg/autostart