table of content          about         contact

ppp

ppp adalah dialer primitip yang bahkan jauh tebih uzur dibanding wvdial, tapi anehnya sementara wvdial sudah ditinggalkan (dalam arti tidak terinstall secara default meskipun masih tersedia di repo) banyak distro dan sub distro generasi setahun dua tahunan terkhir justru ppp masih banyak yang menyertakan, ppp ini juga termasuk dialer favoritku dibanding gnomeppp, kppp, nm-applet ataupun equivalent.

penggunaannyapun sangat mudah jika familiar dengan terminal, cukup konfigurasikan dengan perintah sudo pppconfig, masukkan parameter-parameter sesuai dengan modem dan jaringan/provider yang dipakai, jika sudah terisi dan tersimpan dengan benar cukup ketik sudo pon maka komputer akan segera terhubung dengan dunia luas.

ppp juga seperti wvdial yang dapat dipanggil saat boot dengan menyisipkan baris berisi "pon" tanpa tanda petik sebelum baris berisi "exit 0" (juga tanpa tanda petik) di file /etc/rc.local.

jika hal ini kita lakukan maka begitu komputer hidup langsung saja kita dapat melakukan kegiatan online seperti biasanya.