table of content          about         contact

distro-distro 2011

yang aku terima selama 2011 ada lebih 200 installer baik berupa cd/dvd maupun file iso/img, ada pula yang berupa file raw virtual machine, jumlah tepatnya nggak tahu persis, soalnya tempo hari karena kekurangan disk space aku buang sekitar 30-an file (waktu itu aku butuh membebaskan 25 gb), saat ini yang masih tersimpan ada 183 file iso/img (250 gb, mau ngopi monggo).

dari jumlah tersebut aku coba jalankan sekitar 90%, beberapa distro ada yang memiliki lebih dari satu file, misalnya karena mengeluarkan lebih dari satu release dalam setahun ini, ada juga yang karena mengeluarkan beberapa versi dalam releasenya (misalnya distro a mengeluarkan versi netbook, desktop, server, distro b mengeluarkan versi reguler dan versi mini, distro c mengeluarkan versi cd/dvd dan vm, distro d mengeluarkan versi kde, gnome dan xfce dst dst)

anggap saja aku mencoba 175 di antaranya, menurutku lebih dari 100 diantaranya biasa-biasa saja, 50 dapat nilai baik, 25 dapat dikategorikan istimewa, meskipun demikian aku tentu saja hanya butuh satu saja, nggak lebih, yang aku pilih untuk aku pakai sehari-hari adalah nexradix, alasan teknisnya nggak ada, lebih cenderung kepada kemalasan pribadi untuk menggantinya.

nexradix tentu saja ada kekurangannya, bahkan aku pribadi menilai beberapa distro istimewa mendapat nilai lebih tinggi dibandingkan nexradix, inilah yang aku catat pada penghujung tahun ini :

  1. distro desktop :
    yakni distro yang cenderung untuk pemakaian sehari-hari, di antaranya adalah nexradix yang aku sebut di atas, selain itu ada grusha, linux galiza, itis linux, mohon maaf aku nggak memasukkan ubuntu karena ubuntu masih gagap untuk pemakain sehari-hari, dari beberapa distro ini dengan melihat aplikasi-aplikasi yang disertakan dan memperhatikan versi-versi yang dipilih (versi baru belum tentu lebih baik) dengan berat hati gelar terbaik kelas desktop harus diserahkan kepada itis linux
  2. distro undeground :
    yakni distro yang dirancang untuk kepentingan pentest, diantaranya ada backtrack (aku sengaja nggak posting tentang backtrack di blog ini, udah terlalu banyak yang membahas distro ini), matriux crypton, blackbuntu, darkbuntu (hm security), lps, attackpup dan backbox.
    di kelas ini rasanya nggak perlu ada juara deh (dilarang protes !)
  3. distro server :
    distro server yang aku terima selama 2011 ini cukup banyak, namun tidak satupun yang aku coba secara pribadi, meskipun demikian beberapa diantaranya aku pasang di server teman, pilihan terbaik nggak ada, benar-benar nggak ada, aku lebih prefer memasang distro minimal kemudian menambahkan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan kemudian mengatur setting secara manual.
  4. distro lightweight:
    sebenarnya kelas ini harus dibagi dua, namun karena distro super lighweight bisa dikategorikan distro minimal maka hanya kelas ini yang ada, yang masuk kelas ini ada zenix, ububox salentos, p@xtreme dan osxlike.
    p@xtreme dan osxlike sama menariknya, ububox salentos juga nggak kalah, tapi kalo harus memilih yang terbaik aku pilih osxlike saja deh (hihihi ... terserah aku dong)
  5. distro minimal :
    distro minimal ada banyak jumlahnya, jika kita mau maksimal dalam menggunakan komputer lebih baik gunakan distro ini, aplikasi yang banyak nganggur lebih baik nggak usah dipasang karena sangat mungkin aplikasi membutuhkan library yang mungkin juga akan menyedot resource tanpa manfaat, lagian menginstall aplikasi yang nggak dipakai apa gunanya ?
    sayangnya untuk memanfaatkan distro ini kita harus meluangkan waktu cukup banyak.
  6. distro spesial :
    yakni distro untuk tujuan khusus, misalnya distro yang diperuntukkan buat santri (sabily), distro untuk kalangan disainer (cae linux), distro untuk kalangan gamer, distro khusus kristian, distro untuk kalangan government, distro untuk akuntan publik, distro untuk lawyer, distro untuk automasi (mohon maaf, karena banyak distro ini yang masuk kategori sekret dan memang tidak dibuat untuk kalangan umum jadi susah untuk menyebut yang terbaik)

kesimpulan :
menyimpulkan distro terbaik mudah, tapi harus bertanggung jawab, misalnya jika aku katakan yang terbaik adalah distro a, namun distro a sebenarnya lebih ditujukan untuk keperluan tertentu, maka jika keperluan khusus kita ternyata berbeda maka distro ini harus batal disebut sebagai distro terbaik, artinya distro mana saja yang sesuai dengan keperluan asal bisa kita pergunakan dengan nyaman dan bisa produktif maka bisa kita sebut sebagai yang terbaik, contoh jelasnya adalah aku menganggap distro itis linux adalah yang terbaik di kelas desktop, namun kenyataanya aku nyaman dengan nexradix bahkan terbukti masih tetap produktif maka kesimpulanku bahwa nexradix masih yang terbaik bagiku.
selamat menyongsong 2012.